Senin, 03 September 2018

Hal yang perlu Anda ketahui tentang kanker serviks

Hal yang perlu Anda ketahui tentang kanker serviks,- Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit mematikan yang menghantui para wanita. Anda pun sebaiknya mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai kanker serviks ini. Simak pengertian, gejala, sebab, dan cara pengobatan kanker serviks

Pengertian

Kanker servis merupakan kanker yang berkembang dalam leher rahim wanita yang disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV). Sebagian besar tumor dan kanker serviks berasal dari sel kelenjar, dimana tumor kanker masih memiliki kesempatan untuk bisa disembuhkan, sementara kanker serviks yang menyebar bisa mengancam keselamatan jiwa penderita.
obattumorpayudara.idwalatra.com

Gejala

Awalnya gejala kanker serviks memang tidak menunjukkan gejala tertentu, namun pada stadium tertentu ada banyak kasus yang dijadikan sebagai indikasi gejala kanker serviks. Gejala tersebut antara lain adalah pendarahan yang tidak wajar pada bagian kelamin, pendarahan ketika bukan masa menstruasi, pendarahan setelah melakukan hubungan seks, masa menstruasi yang terlalu panjang, pendarahan setelah menopause, nyeri pada panggul yang terus-menerus, dan merasa kesakitan saat berhubungan seksual.

Sebab

Sebab utama kanker serviks adalah infeksi HPV, yang menular melalui hubungan seksual. Namun beberapa faktor luar lain yang mempengaruhinya adalah berganti-ganti pasangan, terlalu sering melahirkan, melahirkan terlalu muda (sebelum 17 tahun), berhubungan seks terlalu muda (sebelum 16 tahun), merokok, sistem kekebalan tubuh rendah, stres dan depresi, ketidakseimbangan hormon, penggunaan obat-obatan kontrasepsi yang berlebihan, kurang nutrisi dan vitamin, serta kurang menjaga kebersihan kelamin.

Pengobatan

Untuk mengetahui keadaan kesehatan rahim Anda, sebaiknya melakukan tes secara rutin. Ada kondisi awal sebelum kanker serviks menyerang, diantaranya adalah CIN 1 (ketidaknormalan sel skala rendah), CIN 2 (ketidaknormalan sel skala tinggi), dan CIN 3 (kesempatan sel berkembang menjadi kanker). Pada gejala awal, Anda masih masih bisa melakukan terapi biopsi dan memiliki kesempatan besar untuk sembuh. Pengobatan lainnya adalah operasi pengangkatan rahim apabila kanker sudah terlalu banyak menyebar. Belum berhenti sampai di situ, pengobatan lain seperti terapi radiasi dan kemoterapi juga sebaiknya tetap dilakukan untuk mencegah kembalinya tumor dan kanker serviks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar